Jumat, 28 Maret 2014

MENCAPAI BULAN


Bener gak sih manusia pernah pergi ke bulan ?

Beberapa informasi yang beredar, memang banyak terdapat pro kontra mengenai kebenaran adanya manusia yang dapat menginjakan kaki di bulan dan kembali ke bumi dengan selamat. Contohnya yaitu penulis bernama Bill Kaysing yang menerbitkan sebuah buku yang berisi tentang hasil investigasi kejanggalan pada foto-foto dan rekaman yang di rilis oleh NASA. Selain itu munculnya teori konspirasi pendaratan di bulan (teori hoax bulan terbaik), dll.  Namun di balik itu semua, terdapat juga jawaban atas kejanggalan dan dukungan mengenai kebenaran pendaratan manusia di bulan itu yang memungkinkan itu dapat terjadi.

Lalu, Bagaimana cara mencapai bulan ?

Menurut informasi dari NASA yang saya baca , ada beberapa langkah untuk mencapai bulan, secara umum dijelaskan :

Langkah pertama :

Menyiapkan rangkaian pesawat khusus ruang angkasa. Pada tahun 1969 NASA membuat proyek peluncuran pesawat Apollo 11 ke bulan atas permintaan JOHN F. KENNEDY. Peluncuran ini menggunakan roket Saturn V dan di awaki oleh Neil Armstrong, Edwin Aldrin, dan Michael Collins. Apollo ini memerlukan tiga bagian pesawat ruang angkasa. Diantaranya terdapat Command Modul (CM) yang berisi kru dan daerah kontrol penerbangan. Pada bagian atas pesawat, terdapat sistem melarikan diri darurat. CM tadi juga menghubungkan ke Modul Servis Silinder (SM) yang merupakan tempat propulsi primer  dan sistem pendukung, termasuk sel-sel bahan bakar, antena luar angkasa, dll. Ketika terhubung secara bersamaan, mereka disebut sebagai CSM. Ketika dekat dengan bulan, CSM ini tetap berada pada orbit sedangkan LM (lunar Module) membawa dua awak kapal ke permukaan.

Langkah kedua :

Selanjutnya ada tiga tahap untuk membawa mesin-mesin menuju ruang angkasa. Semuanya bekerja secara bertahap. Namun, secara umum nya Roket Saturn di dorong oleh kekuatan berjuta-juta pounds dengan berbagai macam bahan bakar yang bekerja dalamnya, sehingga roket ini mampu membawa muatan yang sangat berat kedalam atmosfir dan melarikan diri dari tarikan gravitasi bumi lalu mencapai orbit.

Langkah ketiga :

Setelah mengitari bumi, sisa bahan bakar mesin pada tahap ketiga di nyalakan untuk ditingkatkan hingga 24.500 mph, mendorong Apollo ke translunar lintasan. Selanjutnya dalam tiga hari atau lebih, kapal memasuki orbit lunar.

Langkah keempat :

Setelah di orbit bulan, dua astronot masuk ke modul lunar dan mempersiapkan diri untuk touchdown. The undocks LM dari CSM, yang terus berputar-putar bulan di orbit rendah.

Langkah kelima :

Sesampainya pada permukaan bulan, selanjutnya manusia dapat melangkah keluar, mengambil beberapa gambar dan mengumpulkan beberapa sampel untuk ilmu pengetahuan. Setelah  itu, semua pesawat  kembali ke tahap pendakian untuk kembali. Sebuah mesin roket membangun 3.500 pounds dan mendorong untuk memulai tahap pendakian kembali ke orbit selenocentric di mana ia akan bertemu dengan CSM dan dermaga untuk perjalanan pulang.

Sekian informasi yang dapat saya tulis. Mohon maaf atas ketidaksempurnaan dan kekurangan yang terdapat dalam blog ini. Semoga bermanfaat :))

 

Sumber referensi :



 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar