Sabtu, 26 April 2014

SUMBER ENERGI SAMPAH MENJADI ALTERNATIF PEMBANGKIT LISTRIK YANG BERGUNA UNTUK KEHIDUPAN

Sumber energi merupakan benda yang dapat melakukan usaha. sedangkan sumber energi listrik merupakan benda yang dapat membangkitkan energi listrik, dimana manusia akan memanfaatkan listrik untuk aktivitas sehari-hari dan melahirkan teknologi-teknologi canggih.

Pada beberapa negara di dunia, masing-masing memilih sumber energi pembangkit listrik untuk kehidupan negaranya. contoh : Indonesia lebih banyak memakai bahan bakar batu bara dan energi air , Belanda yang memanfaatkan kincir angin menghasilkan tenaga angin untuk pembangkit listrik, dan lain-lain.  

Selain energi air dan angin, masih banyak energi-energi lainnya seperti energi matahari/cahaya, energi panas bumi, atau nuklir. Namun, dewasa ini telah banyak di kembangkan energi alternatif pembangkit listrik contohnya yaitu dengan memanfatkan sampah (PLTSa) organik maupun nonorganik.

Mengapa sampah berpotensi menjadi alternatif sumber energi listrik ?

Sampah merupakan sesuatu yang tidak terlepas dari kehidupaan manusia. Di Indonesia pun sampah menjadi masalah tersendiri karena jumlahnya yang banyak sehingga pada beberapa titik di Indonesia sampah menyebabkan banjir, ketidaksehatan lingkungan, dan lain-lain. selain itu, pemakaian sumber energi seperti batu bara secara terus menerus akan membuat ketersediaan batu bara di bumi menipis.Sedangkan apabila memanfaatkan sampah yang selama ini hanya sebagai sesuatu yang tak terpakai, kita dapat menghemat energi fosil/batu bara. Maka dari itu, alternatif pemanfaatan sampah menjadi sumber energi pembangkit listrik dapat menjadi alternatif yang memiliki keuntungan tersendiri.

Bagaimana cara pengolahan nya?

Mekanisme pembangkitan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :

1.  proses konversi thermal  : memanfaatkan teknologi Pirolisis dan Teknologi gasifikasi.
      Panas dari hasil pembakaran melalui proses konversi thermal tadi dimanfaatkan untuk mengubah air               menjadi uap dengan bantuan boiler. Uap bertekanan tinggi digunakan untuk memutar bilah turbin. Turbin       dihubungkan ke generator dengan bantuan poros lalu Generator menghasilkan listrik dan listrik dialirkan         ke rumah - rumah atau ke pabrik.

2.  proses konversi biologis   : memanfaatkan Anaerob Digestion dan Landfill gasification

                                        


Negara-negara yang telah mengupayakan pemanfaatan sampah menjadi alternatif sumber energi listrik :

1. Indonesia 
    - medan
    - pekanbaru
    - Bandung, dll
2. Wina, Austria
3. Amsterdam, Belanda
4. Jepang
5. Brazil
6. Denmark
7. Swiss
8. Amerika serikat : di Amerika Serikat, sekitar 2.500 MW listrik dihasilkan setiap tahunnya dari 35 juta ton sampah (17 % dari total sampah dihasilkan)
9. Perancis, dll.

sekian dan terimakasih :)
note : perubahan sederhana pada diri sendiri dapat memberikan perubahan yang besar untuk orang lain. 


Sumber Referensi :
ejournal.itp.ac.id/index.php/telektro/article/download/126/124‎
http://www.hijauku.com/2012/09/12/mengolah-sampah-menjadi-energi/
sumber gambar :
www.teachforindonesia.org
http://kamaribedo.blogspot.com/2011/11/pembangkit-listrik-tenaga-sampah-pltsa.html











Tidak ada komentar:

Posting Komentar