Rabu, 16 April 2014

SENYAWA "XANTHONE" DALAM KULIT MANGGIS

Buah dengan nama latin Garcia Mangostana L. ini memiliki warna merah keunguan pada kulitnya dan putih pada buahnya. Selain rasa buahnya yang manis,lembut,dan enak, ternyata terdapat kandungan istimewa pada kulit nya yang merah keunguan ini . nama senyawa yang terkenal dan terkandung dalam kulit tersebut adalah Xanthone.




Apa Itu Xanthone ??

Xanthone merupakan antioksidan tingkat tinggi. Nilai antioksidannya mencapai 17.000 - 20.000 ORAC per ons, jumlah tersebut lebih besar dari wortel dan jeruk yang kadar ORAC nya hanya 300 dan 2.400. ORAC sendiri merupakan singkatan Oxygen Radical Absorbance Capacity, adalah kemampuan antioksidan menetralkan radikal bebas.

Xanthone ini tidak ditemui pada buah-buahan lainnya kecuali pada buah manggis, karena itu manggis di dunia dberikan julukan Queen of Fruit atau si ratu buah.

Manfaat Xanthone bagi kesehatan dan pengobatan tubuh


  • Berpotensi sebagai antikanker (Jamil & Ersam, 2009). Dari berbagai penelitian kandungan xanthone dan derivatnya efektif melawan kanker payudara secara in-vitro, . Kasiat garcinone E (devirat xanthone) ini jauh lebih efektif untuk menghambat kanker bila dibandingkan dengan obat kanker seperti flaraucil, cisplatin, vincristin, metohotrexete, dan mitoxiantrone.
  • Senyawa Xanthone memiliki senyawa turunan yaitu alfa-mangostin dan gamma-mangostin. keduanya bisa menghentikan proses peradangan atau inflamasi dengan jalan menghambat enzim COX-2 yang merupakan enzim pemicu peradangan.
  • antibakteri dan anti jamur (Suksamran, 2003), 
  • antivirus (Chen et.al., 1996, Vlientinck, 1998 dan Ignatushchenko et.al., 1999), 
  • potensi anti arterosklerosis (Farmasi, Universitas Andalas), 
  • mencegah diabetes (Udani, Fak. Kedokteran, Universitas California)
  • Obat penyakit Jantung
  • Gugus hidroksi (OH) dalam senyawa Xanthone efektif mengikat radikal bebas di dalam tubuh

Selain Xanthone, masih terdapat senyawa lainnya terkandung dalam kulit manggis seperti Tanin , Antosianin , dll. semuanya juga sangat berguna bagi tubuh. 

Dewasa ini, telah banyak produk pengobatan yang menggunakan ekstrak kulit mangis sebagai bahan utamanya. ada yang mengolahnya dalam bentuk jus, food suplemen, maupun herbal. Bahkan , pada tahun 2006, di Amerika Serikat produk olahan manggis pun masuk ke dalam 22 produk dengan penjualan tertinggi, yaitu berupa food suplemen yang diklaim sebagai minuman fungsional. Sementara itu, di Jepang sudah dikembangkan produk panaxathone yang berisi ekstrak campuran xanthone (80% alpha mangostin dan 20% gamma mangostin) yang digunakan dalam kemoterapi kanker payudara.

Namun, apabila kita ingin mencoba mengolah kulit manggis itu sendiri dirumah, kita bisa melakukan hal-hal berikut :

  1. rendam di air terlebih dahulu minimal selama 1 jam. 
  2. Selanjutnya kulit buah manggis dicuci bersih sampai tidak ada getah yang menempel.
  3. kukus kulit yang sudah dicuci tersebut selama 3-5 menit. 
  4. Setelah dikukus, kulit manggis diblender dengan air kemudian disaring dengan kain halus untuk memisahkan serat kasarnya. sebaiknya kulit manggis bagian luar dikupas lantaran banyak mengadung banyak saponin. Saponin yang berlebihan dapat menutup pori-pori sel usus yang mengakibatkan usus kejang dan memicu terjadinya muntah hingga diare.


selamat mencoba :)) 


sumber referensi :

http://www.obat-herbal-alami.com/xamthone-plus/zat-antioksidan-manggis
http://www.deherba.com/kandungan-kulit-buah-manggis.html
http://kesehatan.kompasiana.com/alternatif/2011/11/24/xanthone-di-kulit-manggis-412991.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar