Sabtu, 18 Januari 2014

RINGKASAN MANUSIA DAN KEGELISAHAN

Manusia senantiasa pernah mengalami kegelisahan dalam hidupnya. Hal ini wajar, dikarenakan manusia diciptakan bukan sekedar jasmani/fisik, melainkan jiwanya memiliki hati dan perasaan. Permasalahan yang tidak luput dari kehidupan manusia membuat seseorang seringkali di datangi perasaan gelisah. Kondisi ini memberikan stimulus kepada tingkah laku manusia.

Gelisah membuat individu merasakan cemas, takut, bimbang, khawatir dan tentunya rasa yang tidak nyaman

Dewasa ini masyarakat khususnya remaja sering menyebut kegelisahan dengan kata “kegalauan”. Keduanya memiliki sebab yang sama. Ada beberapa bentuk kegelisahan, diantaranya :
-        
          -  Ketidakpastian
-        -  Kesepian
-        -  Keterasingan

Ketiga bentuk diatas memiliki sebab dan berakibat seseorang menjadi gelisah/galau. Namun, kegelisahan dirasakan bukan hanya untuk dirasakan, tetapi dapat diambil hikmah serta usaha yang membuat individu menjadi lebih dewasa menghadapi hidup. Usaha yang yang dapat dilakukan antara lain instropeksi diri, optimis, pantang menyerah mencari kebaikan dan mengurangi keburukan sebagai akibat dari kegelisahan itu sendiri, dan yang terpenting ialah berdoa sebagai makhluk Tuhan yang mempercayai kekuasaan Tuhannya :)


Mind Map


Tidak ada komentar:

Posting Komentar