Sabtu, 11 Januari 2014

RINGKASAN MANUSIA DAN KEADILAN


KEADILAN

Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, keadilan mempunyai arti sifat (perbuatan, perlakuan dsb ) yang tidak berat sebelah ( tidak memihak ).
Keadilan memberikan kebenaran, ketegasan dan suatu jalan tengah dari berbagai persoalan juga tidak memihak kepada siapapun. Dan bagi yang berbuat adil merupakan orang yang bijaksana.
Konsekuensi bangsa Indonesia terhadap keadilan yaitu pancasila, terutama sila kedua.

Ada beberapa macam keadilan, diantaranya : 

- Keadilan Legal atau Keadilan Moral

Dalam suatu masyarakat yang adil setiap orang menjalankan pekerjaan yang menurut      sifat dasarnya paling cocok baginya (Than man behind the gun) (plato). 

- Keadilan Distributif
   
Keadilan akan terlaksana bilamana hal-hal yang sama diperlakukan secara sama dan hal-hal yang tidak sama secara tidak sama (justice is done when equals are treated equally) (aristoteles).
-       
          - Keadilan Komutatif

Bertujuan memelihara ketertiban masyarakat dan kesejahteraan umum.


Keadilan dapat tercipta karena adanya sebuah kejujuran. Kejujuran adalah bagian dari harga diri yang harus dijaga karena  bernilai tinggi. Kejujuran diikat dengan hati nurani manusia, dan keduanya itu merupakan anugerah dari Allah Swt. Sedangkan hal yang dapat menjauhkan diri dari sifat adil ialah kecurangan. Kecurangan artinya apa yang diinginkan tidak sesuai dengan hari nuraninya atau, orang itu memang dari hatinya sudah berniat curang dengan maksud memperoleh keuntungan tanpa bertenaga dan berusaha.
Setiap sikap baik dan buruk manusia akan mendapatkan balasan dan bertemu dan perhitungan atau hisab. Di negara kita ada suatu lembaga khusus yang menangani kejahatan yaitu POLISI, disini polisi akan menyelidiki, dan mengungkap berbagai macam kasus kejahatan yang di lakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, dan yang selanjutnya akan diserahkan kepengadilan untuk diproses menurut UUD. Dalam islam kita kenal yaitu Yaumul hisab yaitu hari perhitungan segala amal dan perbuatan kita semasa hidup kita didunia. disini manusia yang telah meninggal akan di hitung semua amal baik dan buruknya

Namun apabila manusia itu sendiri mau menyadari akan segala kesalahannya, maka manusia dapat memulihkan nama baiknya dengan cara berusaha untuk berubah menjadi lebih baik.


PETA KONSEP 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar