Rabu, 20 November 2013

RINGKASAN MANUSIA DAN PENDERITAAN

Hubungan manusia dengan penderitaan merupakan realita suatu kehidupan karena penderitaan merupakan bagian dari kehidupan manusia. penderitaan ialah perasaan tidak menyenangkan yang ditanggung oleh manusia. 

Penderitaan dapat disebabkan  karena siksaan psikis (kebimbangan,ketakutan,kesepian) atau kekalutan mental ,yaitu kekacauan dalam jiwa seseorang yang disebabkan karena adanya konflik,cara pematangan yang salah,atau kepribadian yang lemah.

Selain menimbulkan pengaruh negatif seperti kecewa,tidak bahagia,dan sebagainya, derita yang dialami manusia juga dapat memberi pengaruh positif seperti perasaan optimis dalam menyeleaikan masalah tersebut serta hikmah yang dapat diambil dari suatu penderitaan.

Contoh Penderitaan Manusia diantaranya :
  • Nasib buruk 
  • Kehilangan
  • Kemiskinan
  • Bencana
  • kegagalan


    Kesimpulan

    manusia pada umumnya pernah mengalami penderitaan dan penderitaan tersebut dapat terasa berat atau ringan serta memberikan pengaruh negatif atau positif tergantung tiap individu tersebut menyikapinya. Penderitaan merupakan suatu perjuangan hidup manusia untuk mendapatkan hikmah dan menjadikan individu lebih baik lagi. pola pikir, optimis, serta keyakinan kepada Tuhan YME dapat menjadi pegangan manusia dalam menghadapi penderitaan tersebut.
    mind map

Tidak ada komentar:

Posting Komentar