Sabtu, 16 November 2013

RINGKASAN MANUSIA DAN CINTA KASIH

Cinta Kasih

Cinta adalah perasaan suka/ketertarikan terhadap makhluk hidup.
Cinta yang sesungguhnya adalah cinta yang di dasari oleh rasa belas kasih dan rasa kasih sayang.  Jika seseorang memiliki rasa kasih sayang yaitu perasaan cinta untuk saling menghormati,mengasihi,menyayangi sesama makhluk ciptaan Tuhan, dan rasa belas kasih artinya merasa simpati terhadap penderitaan orang lain, maka orang tersebut baru dikatakan cinta. Karena kasih sayang merupakan faktor penting dalam kehidupan manusia.

Cinta juga memiliki perwujudan berupa kemesraan dan pemujaan, dan seringkali cinta kepada lawan jenis di wujudkan dalam cinta kasih erotis (suami istri). Pemujaan yang dimaksud adalah pemujaan kepada Tuhan.
Agama juga mengajarkan tentang cinta seperti yang diajarkan oleh agama islam (cinta rahmah,cinta mawaddah,cinta mail,cinta showbah,cinta kulfah). Dan Islam mengajarkan umatnya untuk cinta kepada Allah SWT.
Dalam ajaran Kristen protestan dan khatolik, cinta adalah pencipta keindahan yang hebat,suatu wujud keinginan,dalam niat dan tindakan,dan menjadi dasar dari segala sesuatu.
Dalam ajaran Hindu ciptaan Tuhan di golongkan berdasarkan eksistensinya (eka pramana,Dwi pramana, dan Tri pramana)
Dalam ajaran Budhha cinta diajarkan Majjihima Nikaya dan Nikaya Pali (Dhammapada).

Jadi, Cinta akan berarti sesungguhnya jika sudah didasari dengan kasih sayang dan belas kasih. Dan cinta kasih menjadi faktor penting dalam kehidupan manusia.



Mind Map
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar