Sabtu, 05 Juli 2014

RISALAH AL-INSAN "MISI MANUSIA"

Sebelumnya, kita mungkin sudah tau atau pernah dengar bahwa manusia, diciptakan sebagai khalifah di muka bumi ini. Khalifah (Arab:خليفة Khalīfah) adalah gelar yang diberikan untuk pemimpin umat Islam setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW (570–632). Khalifah juga sering disebut sebagai Amīr al-Mu'minīn (أمير المؤمنين) atau "pemimpin orang yang beriman", atau "pemimpin orang-orang mukmin", yang kadang-kadang disingkat menjadi "amir" ( id.wikipedia.org). Lalu apa misi manusia sebagai khalifah di bumi ?

Salah satu misi manusia sebagai khalifah di muka bumi ini yaitu  membangun dan memelihara manusia.
Dalam surah Ali-Imran  :

Q.S Ali-Imran : 104

" Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung. "

Q.S ALi-Imran : 110

" Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, diantara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. " 

Dari ayat diatas di jelaskan, bahwa hendaknya ada yang menyeru kepada kebajikan dan mencegah dari yang munkar, dan itulah orang-orang yang beruntung. Menyuruh kebaikan dan mencegah kemunkaran juga merupakan ibadah, ibadah untuk bekal nanti. Untuk menjalankan misi manusia sebagai khalifah, manusia dapat menempuh jalan dakwah. Dakwah merupakan senjata ampuh mencegah manusia dalam kehancuran, ini merupakan strategi membangun dan memelihara manusia. Tanpa dakwah manusia akan merugi, dan pelan-pelan akan menuju kebinasaan.

Nah, sekian tulisan blog kali ini, semoga dapat memberikan manfaat dan motivasi buat kita semua untuk saling mengingatkan dalam hal kebaikan, dan saling peduli terhadap sesama manusia disaat sekarang ini terjadi  banyak manusia yang justru saling menjatuhkan, semoga kita tidak termasuk didalam orang yang saling menjatuhkan,  aamiin. :))




Tidak ada komentar:

Posting Komentar