Jumat, 25 Oktober 2013

RINGKASAN KONSEP ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN



Ilmu budaya dasar merupakan pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Kesusastraan ialah cabang seni yang menggunakan bahasa sebagai medium. jadi, ilmu budaya dasar dalam mencapai tujuannya memerlukan bahasa , dan bahasa termasuk dalam sastra dan sastra termasuk dalam seni.

Contoh konsep ilmu budaya dasar dalam kesusastraan adalah prosa dan puisi. Prosa(dongeng,hikayat,cerpen,biografi) dan puisi merupakan bagian dari sastra dan berhubungan dengan budaya.
Prosa berhubungan erat dengan budaya karena cerita rekaan atau kisah yang terdapat dalam prosa memberikan nilai-nilai seperti :

  • Kesenangan

  • Informasi

  • Warisan cultural

  • Keseimbangan wawasan

Puisi merupakan bagian dari kebudayaan karena puisi mengandung unsur-unsur seni sastra yang membuatnya menjadi sebuah rangkaian-rangkaian kata yang indah dengan menggunakan :

  • Gaya bahasa

  • Kata-kata ambiquitas

  • Kata-kata berjiwa/ berkonotatif


mind map 


Kesimpulan yang dapat saya pelajari dari materi manusia dan kebudayaan serta konsepsi kebudayaan dalam kesusastraan yaitu, kebudayaan sangat luas cakupannya, budaya tidak hanya berada di ruang lingkup yang tradisional tetapi budaya memiliki ruang lingkup yang luas .
Budaya berhubungan erat dengan manusia karena budaya merupakan subjek yang mengatur manusia, dan manusia merupakan objek/sasaran dari kebudayaan itu sendiri. Kebudayaan juga berhubungan erat dengan sastra, karena di dalam sastra terdapat seni-seni bahasa yang dipakai dalam karya seni sastra. Selain itu, dalam mencapai tujuan ilmu budaya dasar, diperlukan juga adanya bahasa yang dijadikan sebagai medium.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar